Home » » Fakta Unik Tentang Joker

Fakta Unik Tentang Joker




Joker merupakan karakter fiksi yang muncul dalam komik terbitan DC Comics. dan ia adalah tokoh kejahatan dan musuh terbesar dari Batman
. Pertama kali di perkenalkan di komik Batman#1 (1940), dan sejak saat itu tokoh ini mendapatkan kepopuleran secara konstan dari masa ke masa.

Joker ialah otak dari kejahatan yang sering terjadi di Gotham dengan penampilan yang menyerupai badut, atau setidaknya wajahnya menunjukkan demikian. Secara garis besar karakter Joker di gambarkan sebagai karakter sosiopat yaitu seseorang dengan gangguan kepribadian yang mewujudkan dirinya dalam sikap maupun perilaku anti sosial yang ekstrem dan kurangnya hati nurani, serta melakukan tindakan kriminal hanya untuk kesenangan semata. Karakter Joker sendiri berkembang dari sosok yang gelap menjadi lebih ke arah karakter yang suka melakukan trik kecerdasan dengan gaya konyol namun tetap sangat berbahaya dan kemudian kembali lagi ke gambaran sosok dirinya yang kejam, penuh perhitungan dan karakter yang memiliki penyakit jiwa.



Banyak beberapa tragedi yang terjadi dalam kehidupan Batman yang di sebabkan oleh Joker. Tentunya hal ini membuat kita melihat sosok Batman lebih dalam saat ia bereaksi atas tindakan maupun rencana yang telah di susun oleh Joker. No villain no superhero, dan melalui super villain inilah kita bisa melihat inti utama dari superhero (Batman), kita melihat berbagai kekurangan dan kelemahan yang mereka miliki, dan tentunya kita dapat melihat apakah yang membuat mereka layak menyandang nama sebagai superhero.

Dan hal yang membuat karakter Joker sangat menonjol ialah, posisinya sebagai musuh Batman yang paling kuat yang dapat mengancam tidak hanya Batman secara pribadi tetapi orang-orang yang berada di dekat Batman, hanya untuk melakukan sebuah tes yang harus dilalui Batman. Dalam cerita Batman “The Death of The Family”, Joker mendatangi Batman sambil berkata “jauh di dalam hati kita saling menyayangi” dan tentu Batman menjawab “tidak ada hal di muka bumi yang aku benci melebihi kau, Joker”.

Berikut ini 10 Hal mengenai Joker yang pastinya belum Anda ketahui:



1. Joker merasa bahwa keluarga yang telah di bangun Batman di sekitarnya (Robin, Batgirl, Catwoman, Komisaris polisi James Gordon, Alfred Pennyworth) selama beberapa tahun ini telah menyeret Batman dari jalur yang seharusnya, maka dari itu ia berusaha mengenyahkan mereka semua sehingga Batman bisa menjadi lebih fokus menjadi superhero yang hebat bersanding dengan Joker yang merupakan sosok dan perencana kejahatan terhebat.



2. Beberapa supervillain memiliki motif atau alasan utama mengapa mereka melakukan tindakan kriminal atau kejahatan seperti alasan membalas dendam, bertahan hidup, kebencian, kekuasaan, dll. Hal yang membuat Joker berbeda dari supervillain lainnya ialah ia tidak memiliki motif utama dan tidak seperti karakter jahat lainnya yang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak waras, Joker sepenuhnya sadar bahwa ia tidak waras. Ia sepenuhnya menyadari akan hal ini dan ia menyukainya. Joker menyukai bahwa ia adalah kekacauan bagi logika dan keteraturan Batman dan ingin terus melanjutkan permainannya dengan Batman. (intrepretasi dari Marv wolfman)



3. Masih ingat dengan The Mask (pernah di perankan Jim Carrey), dalam komik persilangan antara Batman dan The Mask, Joker mampu mendapatkan topeng yang memiki kekuatan Loki tersebut. Sehingga menjadikan dirinya mempunyai kekuatan super. Kata-kata favorit The Mask: “S-ss-SMOKIN!”



4. Sosok Joker terbilang di gambarkan sebagai karakter yang kejam, ia menghabisi Jason Todd yang saat itu merupakan partner Batman yaitu Robin kedua, dan membuat lumpuh Barbara Gordon selamanya (Batgirl). Joker merupakan tokoh kejahatan yang dapat memberikan dampak langsung bagi kehidupan Batman yang mengubah alur cerita Batman hingga saat ini.



5. Joker memiliki pandangan bahwa, semua orang bisa menjadi monster gila seperti dirinya. Yang di butuhkan hanya 1 hari, satu hari yang sangat buruk hingga menyebabkan orang tersebut kehilangan kontrol dirinya dan bertindak di luar akal sehatnya. Joker bahkan rela mengorbankan dirinya sendiri terlebih lagi orang lain hanya untuk menekankan pendapatnya ini.



6. Dalam perjalanan evolusi dunia DC, penggambaran dan versi dari Joker memiliki dua sosok kepribadian yang berbeda. Yang asli dan lebih dominan ialah Joker yang digambarkan sebagai karakter dengan gangguan kejiwaan ekstrem yang memiliki tingkat kecerdasan jenius dan rasa humor yang kejam. Sedangkan versi satunya ialah Joker merupakan karakter yang eksentrik, suka melakukan lelucon yang tidak membahayakan dan juga seorang pencuri.



7. Joker sangat terobsesi dengan Batman, kedua karakter ini menggambarkan yin-yang antara kekuatan gelap dan terang, meskipun Joker yang mewakili rasa humor dan warna dengan Batman yang tinggal dalam kegelapan.



8. Dari banyak musuh Batman yang ingin mengetahui identitas Batman dan membuka topengnya, Joker justru sebaliknya. Saat ia memiliki kesempatan untuk mengetahui identitas rahasia Batman di balik topengnya, ia justru mengabaikannya. Karena Joker meyakini bahwa Batman adalah Batman (terlepas adanya kostum dan topeng) sama seperti Joker adalah Joker.



9. Joker tidak mengekspresikan perasaan ketakutan apapun, ia bahkan menunjukkan dirinya tidak terpengaruh saat terkena gas “rasa takut” yang dimiliki supervillain lainnya yaitu Scarecrow di Knightfall (1993).



10. Joker memiliki sebuah senjata andalan yaitu Joker Venom, sebuah zat kimia dengan bentuk cair atau gas yang ia ciptakan sendiri dengan kecerdasan yang ia miliki. Joker Venom dapat membuat orang yang terkena racun tersebut tertawa tanpa henti atau berada dalam pengaruhnya dan dengan dosis yang lebih dapat mematikan.



11. Dalam salah satu versi komik Batman, Joker benar-benar meniru penampilan dan gaya Batman dengan caranya sendiri. Ia memiliki mobil seperti Batman, yaitu Jokermobile dengan wajahnya terpampang di mobil tersebut, serta sinyal Joker yang memungkinkan para kriminalitas untuk memanggil dirinya.



12. Langkah Joker yang tidak dapat di prediksi dan dampak yang dapat dibuatnya, membuat Joker sebagai salah satu musuh di dunia DC yang paling di takuti. Bahkan di mini seri  Underworld Unleashed, “saat tokoh kejahatan ingin menakuti satu sama lain, mereka menceritakan kisah tentang Joker”.



13. Musuh terbesar Joker di dunia kejahatan yang terbesar ialah manusia paling pintar dan ambisius di dunia, Lex Luthor. Meskipun demikian banyak tokoh kejahatan yang lebih takut kepada Joker ketimbang Lex Luthor. Joker juga kadang berkunjung ke Metropolis dan menyebabkan kekacauan di sana hingga berhadapan dengan Superman. Saat di tanya oleh Superman mengapa ia datang ke Metropolis, Joker dengan ringan menjawab “Oh Superman, why not?”.



14. Di Emperor Joker, meskipun Joker menggunakan kekuatan seperti dewa untuk menyiksa Batman dari malam ke malam, ia masih belum bisa menghapus keberadaan Batman. Superman menyatakan bahwa hal ini adalah karena Joker benar-benar mendefinisikan dirinya berdasarkan kebalikan dari The Dark Knight, dan bagaimana Joker hidup di dalam dunia Batman ketimbang Batman yang hidup di dalam dunia Joker.



15. Joker juga berencana untuk menghancurkan alam semesta, selain untuk hiburan bagi dirinya sendiri, juga karena ia merasa bahwa alam semesta yang memungkinkan seorang seperti dirinya untuk eksis memiliki arti bahwa alam semesta telah rusak secara inheren, hal ini juga menyiratkan bahwa Joker memiliki banyak kebencian terhadap dirinya sendiri dan tindakan yang telah di lakukannya.
Share this article :

2 comments:

This Is Me